What’s on your mind? “Account Facebook Ini Menurutku Palsu”


01.07.13 Posted in Facebook, My Favorite Story by

What’s on your mind?
Hal pertama yang membuatku ragu account ini bukan dia sebenarnya adalah obrolan dengan temannya tidak ada kata yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar berteman/bersaudara, rasanya mereka tidak akrab sama sekali, saling tidak mengenal dengan baik, banyak basa basi, saling menjaga jarak/takut sesuatu dan saling mengharapkan sesuatu,..
Sepertinya temannya ngobrol di commentnya ini kebanyakan account palsu, dan atau account asli yang sedang tertipu. Seperti yang pernah kulakukan orang dengan account asli akan mudah untuk dibohongi dengan beberapa foto dan sering menanggapi commentnya, itu akan membuat yakin bahwa account ini asli.
Karena ada yang tidak enak dipikiran, untuk pertamakalinya kemudian aku lihat di profile facebooknya… Hah, bukankah dia orang yang cukup makmur, bekerja dengan gaji tinggi dan setahuku dia tidak gaptek, mengikuti perkembangan gadget’lah. Orang berkepribadian macam apa ini, diera smartphones dengan kamera bagus, di umur yang masih muda tetapi fotonya pribadinya sedikit sekali dan terlalu formalitas sekali?!
Sesibuk itukah orang ini, pikirku diumur yang diakuinya sekarang, dia  akan sering berfoto dengan teman akrabnya atau setidaknya di’tag’ temannyalah, akan sering upload fotonya sedang makan bareng, foto saat dia sedang sibuk bekerja atau dia akan memamerkan foto keakrab’annya dengan saudara atau orangtuanya. Ah, terlalu gak logis ini, wajahnya kan lumayannya juga, pikir ku sudah default manusia ingin dipuji atas keelokan wajahnya, lah ini kok dia tidak melakukannnya, ini orang bersifat pemalu atau memang ada yang disembunyikan?! Oh, anggap saja memang sifatnya tidak terlalu suka berfoto, tidak sepertinya orang lain seusianya…
Karena rasa penasaran lagi, aku cari tahu temannya, dan….
Temannya tidak ada hubungan apapun, tidak satu alumni suatu sekolah, tidak satu daerah, tidak satu tempat kerja, bahkan saudaranya pun tidak ada dll…
Belum terlalu yakin cuma di facebook, aku cari tahu di tempatnya katanya kuliah, dan…
Setahuku semua kampus di Indonesia ini, setidaknya  mereka punya website dan harusnya namanya ada di daftar alumni atau saat dia daftar masuk kuliah, atau apasajalah?!. Kok namanya tidak terindex di Google, orang modern macam apa ini, apakah dia lulus dijaman belum ada internet/sudah berumur?!, apa dia berbohong nama aslinya atau sebenarnya dia tidak kuliah?
Aku jadi meyakinkan diriku untuk beranggapan mungkinkah ini account facebook palsu juga atau account asli tetapi dengan menyembunyikan nama aslinya?
Mereka yang sedang berbalas comment ini sebenarnya satu kelompok pembuat account palsu yang saling membantu meyakinkan, dengan saling berbalas comment?
Atau sebenarnya dia sendiri yang membuat beberapa account palsu agar dan saling meyakinkan bahwa accounts nya asli?
Haruskah aku mencari tahu dengan meng-”add” salah satu temannya yang ku anggap akrab dan asli ini?!. Ah, rasanya tidak perlu samasekali, aku terlalu yakin dan belum pernah seyakin ini kalo mereka orang yang sedang terbohongi hehehe…
Sudah pasti mereka juga tidak  saling kenal atau hanya berteman di facebook saja, atau mereka sebenarnya sadar bahwa mereka sedang dibohongi dan menikmati kebohongan tersebut?!..
Haruskah aku mencari tahu dengan cara lain?..
Ah, rasanya tidak sampai sejauh itu rasa keingintahuanku, biarkan saja mereka. Toh, tidak merugikanku juga, tapi sepertinya aku masih penasaran, apa maksudnya dia melakukan hal yang seperti ini?
Dia tidak berjualan suatu produk, tidak sedang share link suatu website, tidak promosi pages facebooknya, apa hanya ingin menambah teman saja?! Ah, bulshitt sekali, terlalu random mencari temannya, tidak ada kesamaan interest apapun mereka.
Oh, mungkin dia butuh teman chat aja, buat menghibur diri sendiri, butuh notifikasi facebook untuk membuatnya bisa bahagia, memang membuat bangga kok ketika kita berhasil sesuai harapan kita, apapun itu. Iya aku rasa itu tujuannya, bisa mendapat semangat dari teman facebook, mempunyai rasa bahwa dirinya adalah seorang sosok yang diperhatikan orang lain, seorang yang ditunggu kehadirannya oleh orang lain, karena mungkin tidak didapatnya di dunia nyata. Oh, berarti ini kumpulan orang-orang yang kehidupan di dunianya nyatanya tidak seindah dunia onlinenya, mereka orang orang yang mencari pengakuan atas dirinya, nilai atas dirinya sebagai seorang yang “awesome”, hanya didapatnya di dunia maya.
Apakah di dunia nyata mereka hanya seorang pecundang saja, nilai mereka tidak setinggi ketika di dunia maya, ah mungkin saja?!.. Iya ya, mereka mencari kebahagiaan dan nilai atas dirinya di dunia maya. Aku rasa ini benar, bukankan mereka akan menghapus account facebooknya ketika ada suatu hal yang tidak menyenangkan dikehidupan onlinenya, ketika diacuhkan dan tidak ada orang yang menganggap keberadaannya. Dan membuat sebuah karakter baru lagi?! mungkin…
Sepertinya aku cukup membuang waktu untuk memikirkan itu, mungkin terlalu kejam juga ketika dia membaca obrolan dengan diriku sendri ini dan sedikit menggangu pikirannya.
Sudah jadi default’ ku menjadi penasaran dan bertanya pada diri sendiri ketika merasa ada sesuatu hal yang tidak “pas”, dan jawabannya pun aku sendiri yang mencari.
Seorang teman berkata, rasa ingin tahu “curious” itu hal terpenting dalam hal belajar apapun apalagi ketika kamu hidup dijaman yang serba online, banyak data dan informasi mudah dimanipulasi. Setidaknya untuk meyakini sesuatu hal perlu memperhatikan sisi logis yang bisa diukur dengan ilmu pengetahuan. Perasaan dan instinct tidak bisa diukur, tapi pastinya sebelum mencapai suatu kesimpulan, ada hal-hal logis yang mempengaruhi penilaian hal tidak terukur tersebut.


Leave a Reply