Cara Menambah dan Menampilkan Lyrics Lagu pada iPhones Secara Manual tanpa Akses Internet (offline)


08.19.15 Posted in Blogging by

Ini tidak sedang mengajarkan untuk mendownload lagu secara illegal loh, kalau beli lagu di musiknya iTunes  Store pastinya sudah dapat lyric. Anggap saja aku sedang sharing atau bercerita tentang pengalamanku menambah lyrics lagu manual pada lagu daerah atau lagu cover-an yang  tidak tersedia di iTunes Store.

Sebelum sharing tentang pengalamanku ini, aku akan bercerita tentang kenapa aku harus repo-repot menambah lyric lagu secara manual, kalau gak mau baca yang baca langsung saja caranya, tapi mungkin berguna juga baca, berguna untuk membuang-buang waktu maksudnya.

Pada saat jaman kuliah dulu diajarkan memasukkan file lain kedalam sebuah gambar, misalnya memasukan file lagu kedalam gambar, itu dulu aku berhasil juga, tapi kalo sekarang disuruh coba ya sudah lupa. Dulu sebelum ada pelajaran itu (kriptografi), mungkin belum terinspirasi atau belum ada ide untuk Googling cara menampilkan Lyric lagu di komputer ketika offline. Kalo dengar lagu ketika onlineplugin andalannya pake Minilyrics, kalo offline ya sambil baca lyrics di notepad. Dulu kalo gak salah ingat di program software jetaudio ada menu buat tambah lyrics secara manual, dan bisa ditampilkan tanpa harus connect internet. Cara seperti itu berhasil, wong masih ada beberapa file lagu (.mp3) yang ada lyrics nempel di filenya. Tapi kalo kalau di play di Windows Media Player, tampilannya agak kurang enak agak terlalu kecil soalnya, sudah fullscreen tetap kecil jadi mending pake notepad kalau offline atau ya install Minilyric kalau komputernya online terus. Atau mungkin aku memang belum ngerti juga cara menampilkan lyrics fullscreen di Windows Media Player tanpa plugin, atau mungkin install jetaudio masih bisa. Karena sudah tidak pernah install jetaudio lagi, ya kembali baca notepad kalo dengar lagu barat di komputer.

Cara menampilkan Lyric lagu di Windows Media Player

Click the Play menu, point to Lyrics, Captions, and Subtitles, and then click On if Available.

Tampilan Lyric Lagu di Windows Media Player

 

Menampilkan Lyrics Lagu di Iphone tanpa Akses Internet (offline)

Pada suatu ketika, pas dengar lagu lawas di Handphone, kok album artwork-nya foto lamaku jaman kuliah dulu dan pas tak tab/klik gambar artwork itu keluar lyrics-nya.. Ternyata itu salah satu file mp3 yang kutambah lyrics dan album artwork-nya pake software jetaudio dulu, pada saat masih labil dulu (jaman kuliah) suka memasukkan foto di file mp3, jadi setiap orang copy lagu dari tempatku bonus foto seperti itu juga, itu dulu…

Kalau soal lagunya ini bukan karena mengalaminya loh, kan ada yang bilang kalau lagu itu bisa membawa kita mengenang kejadian dimasa lalu, bukan karena suka lagu itu tapi teringat susana atau keadaan saat lagu itu diputar.

Misalnya, dulu ketika jaman kuliah lagu ini sering diputar oleh tetangga kos atau teman kuliah sangat suka lagu ini, otomatis jadi sering mendengarkannya. Setelah beberapa tahun berlalu, ketika kita tanpa sengaja mendengar lagu tersebut, otomatis juga entah kenapa kalau aku ingat masa masa saat lagu ini hits dan sering diputar orang.

Pentingnya Ingatan, Mendengar Lagu Salah Satu Cara Agar tidak Pikun di Hari Tua

Pernah baca katanya ingatan kita sewaktu bayi antara umur 0-3 tahun itu akan hilang secara otomatis, atau semacam terformat kalau harddisk komputer. Jadi kalo ada orang bilang dia dulu sering momog kamu, sering gendong saat bayi,  ya kita tidak ingat lagi, bukankah itu hal yang tidak mengenakaan.

Katanya, ketika berbicara lebih dari satu bahasa itu juga membuat otak terbiasa mengingat, itu juga salah satu menghindarkan dari pikun. Maka mulai sekarang yang tidak suka lagu barat, belajarlah menyukainya, tidak pinter banget juga menurutku tidak apa-apa yang penting dong isi lagu nya.

Kalau untuk menghargai pentingnya ingatan kita, mungkin tontonlah film bergenre romance berikut, kalau hollywod judulnya “The Vow” , ceritanya tentang cewek yang hilang ingatan setelah kecelakaan dan dia memiliki ingatan atau perasaan cinta pada orang yang ditaksirnya dulu bukan pasangannya yang sekarang, dan pasangannya yang sekarang tahu kalau yang dicintainya bukan di sekarang tapi orang yang ada ingatannya dulu “ I see the way you look at him. I know, because you used to look me at way”.

Kalau film asia yang mirip seperti itu, film korea berjudul “A Moment to Remember”, drama serial jepang yang ceritanya sama seperti itu judulnya “Pure Soul (Even if You Forget Me)”.

Pokoknya jaga baik-baik lah ingatan anda, hargai setiap moment yang ada, kalau aku memang sedikit pelupa dan takut menjadi lupa.

Kembali ke Lyrics lagu di iPhones yang tidak sengaja keluar tadi, seperti ini tampilannya.

Cara Menampilkan Lyric Lagu di iPhones

Karena ketidaksengajaan itu jadi berpikikir “berarti iso iki dengar lagu barat pake lyrics gak harus online”. Biasanya kalo dengar lagu di smartphones baca lyrics-nya online, pake aplikasi Musixmatch. Karena online, kadang pada saat putar lagu favorite malah gak keluar lyric-nya, atau baterai cepet habis dan gampang panas.

Karena ketidaksengajaan itulah, akhirnya rasa penasaran muncul.

Hidupkan Laptop, buka player music iTunes, klik kanan file musiknya, dan ternyata ada menu buat tambah lyrics juga seperti di jetaudio dulu. Beberapa lagu dicoba ditambahkan lyrics, dan di pindah ke smartphone lagi, ternyata yang keluar lyrics nya ketika di-tap adalah yang ada album artwork-nya.

Sejak saat itu hampir semua lagu barat ku tambah album art dan lyrics, untuk detail teknisnya dibawah nanti, tak cerita dulu kalau sudah malas baca langsung cari caranya dibawah.

Cara Menambahkan Album Artwork Secara Manual pada iTunes

Album Artwork bisa di dapatkan atau ditambahkan dengan 2 cara, itu sejauh ini yang pernah kucoba.

Cara pertama:

Mendapatkan album artwork di iTunes secara online. Carannya, klik kanan pada lagu yang belum ada album artwork-nya => Get Album Artwork

Sudah kucoba itu pada beberapa lagu, dan hasilnya ada yang keluar dan ada yang tidak.

Ternyata, lagu yang keluar album artwork itu lagu yang penamaan di album artist dan album-nya benar, atau sesuai dengan yang tertulis di iTunes Store. Jadi ketika salah menuliskan nama penyanyi atau albumnya, tidak akan keluar album artworknya, bahkan ketika googling dan benar nama albumnya tetapi di iTunes Store tidak tersedia tetap gak akan keluar.

Menambahkan album artwork secara online lewat iTunes memang butuh ketelitian, case sensitivity ya kalau bahasa pemrogramannya, penggunaan huruf kecil dan huruf besar berpengaruh, sejauh yang saya coba loh. Kalu benar pemberian nama artist maka di iPhones akan keluar foto artist tersebut, tidak sekedar album artwork saja. Contohnya dibawah ini bang The Script itu benar pemberian nama artist dan album artistnya, dan Michael Learns To Rock-nya yang salah (Michael Learns to Rock), tapi ada beberapa  nama artist yang gak sesuai di iTunes Store tapi keluar juga, jadi mungkin perkiraanku salah juga tetapi dari hasil coba-cobaku seperti itu.

Cara Menampilkan Album Artwork Lagu di iPhones

Cara Kedua:

Cara mendapatkan album artwork sebuah lagu, dengan cara manual googling kemudian ditambahkan secara manual.  Kalau malas googing atau pengen alay, ganti saja dengan foto pribadi anda sperti yang kulakukan dulu, tapi saya saran kan jangan karena ketika Anda sadar, itu bukan hal yang membanggakan tetapi malah sedikit memalukan.

Sering kita jumpai ada lagu yang album art worknya tidak sesuaikan, kalo lagu Indonesia biasanya gambr hitam misshacker, kalau lagu barat ada gambar album artworknya benar tetap ada link di gambar itu, biasanya songlover.cc atau gambar foto-foto gak jelas lainnya. Kalau aku sendiri paling tidak nyaman melihat gambar seperti itu atau melihat link gak jelas itu.

Cara mengatasinya, yang kulakukan biar benar benar bersih dari proteksi, gambar atau link gak jelas pada file lagu, biasanya ketika tidak bisa diedit metadata nya, ya di conver pakai conterter musik.

Oh iya detail cara menambahkan album artwork nanti saja sekalian dibawah bareng sama lyric lagu, karena satu proses.

Album Artwork harus diisi supaya tampilan di iPhone tidak hanya sebedar balok nada saja . Kalaupun sudah diisi lyrics tetapi album artwork kosong yang tetap gak keluar lyricnya ketika ditap gambar balok nadanya tadi.

Cerita Kenapa Harus Menambahkan Lyrics pada Lagu

Kalo cuma dengar lagu barat gak baca lyrics, dengar 10 kalipun mungkin tetap salah lirik dan gak ngerti ngerti, salah dengar lyrics atau gak dong tepatnya.

Lagu barat yang beat-nya cepat dan musiknya dengan bass yang kenceng biasanya lyrics-nya gak terdengar jelas, kemampuan listening  English ku memang kurang mumpuni saat test TOEFL.

Musik genre seperti ini paling dengar 10 lagu sudah capek dengarnya dan tidak bisa ikut nyanyi. Biasanya lagu barat yang beatnya cepet dan lyrics gak jelas (jedag jedug) tetapi terdengar pas beberapa bagian lyric bagus, langsung cari lyrics nya, kalo lyric-nya bagus kemudian cari lagu cover-annya yang lebih pelan. Paling cepat carinya penyany yang suka cover lagu orang di YouTube (Julia Sheer, Tiffany Alvord, Megan Nicole, Madilyn Bailey, Alex Goot, Corey Gray,  Boyce Avenue), kemudian didownload, di potong – convert jadi mp3, kalo yang tidak perlu edit lagi, penyanyi yang sering cover lagu barat hits, Sabrina (Filipino singer) sudah banyak album dibuatnya.

Lagu-lagu cover inilah yang di Musixmatch terkadang gak keluar lyrics-nya, maka caranya ya tambah lyrics-nya manual satu-satu setiap lagu.

Perbedaan 2 Jenis Lyrics Lagu, Mengerti Makna Lyric Sebuah Lagu

Ini menurutku sendiri, lyrics lagu itu ada 2 jenis yang pertama lyrics lagu yang langsung dong ketika kita mendengarkan atau membacanya, yang kedua lyrics lagu yang yang butuh pemahaman lagi, ya makna lagu itu tersimpan di lyricnya, kalau bahasa asing yang tidak sekedar terjemahannya saja. Lyrics jenis kedua ini butuh mikir untuk mengerti maknanya.

Kalau di Indonesia lagu-lagu karangan Ahmad Dhani butuh mikir, sejenis syair mungkin atau apapun lah itu namanya,

Kalau jenis lyrics yang masuk jenis pertama, kalau menurutku yang bagus dan tidak perlu mikir berat dengar lagunya ya lagu lagu karangan Eross Candra, lagu-lagu Sheila On 7.

Ini ceritaku tentang menterjemahkan lyrics lagu barat, sampai harus buka kamus.

Seingatku ada beberapa lagu yang samapi harus buka kamus dan menterjemahkannya pada bagian lyrics tertentu, contoh lagunya “Miley Cyrus – The Cilmb”, “Bruno Mars – It Will Rain”.

Mengartikan lagu “Bruno Mars – It Will Rain” itu pada bagian lyrics

“There’s no religion that could save me

No matter how long my knees are on the floor

Kalau terjemahannya mungkin gampang dan bisa pakai google translate, kalau saya mengartikannya berarti itu seperti perbuatan yang sangat mustahil, atau putus asa tingkat akut sehingga tidak peduli seberapa lama kamu berdoa tetap saja tidak akan merubah hasil.

“Your daddy can’t even look me in the eye

Ooh, if I was in their shoes, I’d be doing the same thing

Pikirku dulu kok ada kata “shoes” segala di lagu bergenre romance, kalo tidak salah mengartikannya, seperti membayangkan jika berdiri dipihak Bapak cewek itu, akan melakukan hal yang sama dilakukannya Bapak tadi. dst..

Seperti itulah alasanya kenapa aku harus repot repot memberi lyrics pada lagu-lagu baratku, karena biar dong maksud dari algu tersebut salah satu. Sekarang karena sudah capek bercerita dan menulis akan ku share cara menambahkan lyric lagu manual di iTunes.

 

Cara Menambahkan Lyrics Lagu dan Album Artwork pada File .mp3, Secara Manual tanpa Koneksi Internet (offline) dengan iTunes

Hal pertama yang perlu disiapkankan adalah gambar album artwork dan lyrics lagu yang akan ditambahkan. Album Artwork yang sesui lagu bisa dicari di google, kalau lyrics biasanya saya cari di website Musicmatch, karena tidak ada kata “reff” alias full lyric sesuai ucapan penyanyinya, kalau tidak tersedia baru cari di website lain. Saya anggap itu sudah siap dan file mp3 bersih dari gambar album artwork dan link gak jelas..

Langkah- langkahnya Menambah Artwork dan Lyrics di iTunes

Langkah- langkahnya Menambah Artwork dan Lyrics di iTunes
1.    Cari lagu yang ingin anda tambah lyrics dan album artwork di iTunes
2.    Setelah  ditentukan, klik kanan pada lagu – Get info
Muncul kolom isian seperti Details, Artwork, Lyrics dan lainnya
3.    Aku rasa yang perlu di isi pada tab Details, adalah song name, artist, album dan album artist
4.    Kemudaian beralih di tab Artwork – Add Artwork – pilih file gambar yang Anda siapkan tadi

Menambahkan album artwork bisa satu persatu lagu dan semua lagu yang satu album, bahkan satu artist itu bisa satu gambar album artwork walaupun albumnya musiknya beda.

Cara Menambah Album Artwork Lagu di iPhones

 

5.    Kemudian beralih ke tab Lyrics – copy lyrics hasil pencarian di Musixmatch tadi – paste – OK

Capture Menambahkan Lyric di iTunes

6.    Cara manual seperti itu yang ku lakukan agar bisa baca lyrics lagu sambil dengar lagu, dan sejauh ini berhasil saja. Dari 1600an lagu     mungkin sudah separuh kutambah lyric manualnya, kalo sekarang sih pas nambah lagu baru sekalian lyrics. Setelah itu selesai tinggal sync ke iPhone anda
7.    Berikut tampilannya di iPhones dengan iOS 8.4.1

Tampilan Album Artwork dan Lyrics Lagu di iPhones

 



Leave a Reply