Blog


0 Comments

Cara Menambah dan Menampilkan Lyrics Lagu pada iPhones Secara Manual tanpa Akses Internet (offline)

08.19.15 Posted in Blogging by

Ini tidak sedang mengajarkan untuk mendownload lagu secara illegal loh, kalau beli lagu di musiknya iTunes  Store pastinya sudah dapat lyric. Anggap saja aku sedang sharing atau bercerita tentang pengalamanku menambah lyrics lagu manual pada lagu daerah atau lagu cover-an yang  tidak tersedia di iTunes Store.

Sebelum sharing tentang pengalamanku ini, aku akan bercerita tentang kenapa aku harus repo-repot menambah lyric lagu secara manual, kalau gak mau baca yang baca langsung saja caranya, tapi mungkin berguna juga baca, berguna untuk membuang-buang waktu maksudnya.

Pada saat jaman kuliah dulu diajarkan memasukkan file lain kedalam sebuah gambar, misalnya memasukan file lagu kedalam gambar, itu dulu aku berhasil juga, tapi kalo sekarang disuruh coba ya sudah lupa. Dulu sebelum ada pelajaran itu (kriptografi), mungkin belum terinspirasi atau belum ada ide untuk Googling cara menampilkan Lyric lagu di komputer ketika offline. Kalo dengar lagu ketika onlineplugin andalannya pake Minilyrics, kalo offline ya sambil baca lyrics di notepad. Dulu kalo gak salah ingat di program software jetaudio ada menu buat tambah lyrics secara manual, dan bisa ditampilkan tanpa harus connect internet. Cara seperti itu berhasil, wong masih ada beberapa file lagu (.mp3) yang ada lyrics nempel di filenya. Tapi kalo kalau di play di Windows Media Player, tampilannya agak kurang enak agak terlalu kecil soalnya, sudah fullscreen tetap kecil jadi mending pake notepad kalau offline atau ya install Minilyric kalau komputernya online terus. Atau mungkin aku memang belum ngerti juga cara menampilkan lyrics fullscreen di Windows Media Player tanpa plugin, atau mungkin install jetaudio masih bisa. Karena sudah tidak pernah install jetaudio lagi, ya kembali baca notepad kalo dengar lagu barat di komputer.

Cara menampilkan Lyric lagu di Windows Media Player

Click the Play menu, point to Lyrics, Captions, and Subtitles, and then click On if Available.

Tampilan Lyric Lagu di Windows Media Player

 

Menampilkan Lyrics Lagu di Iphone tanpa Akses Internet (offline)

Pada suatu ketika, pas dengar lagu lawas di Handphone, kok album artwork-nya foto lamaku jaman kuliah dulu dan pas tak tab/klik gambar artwork itu keluar lyrics-nya.. Ternyata itu salah satu file mp3 yang kutambah lyrics dan album artwork-nya pake software jetaudio dulu, pada saat masih labil dulu (jaman kuliah) suka memasukkan foto di file mp3, jadi setiap orang copy lagu dari tempatku bonus foto seperti itu juga, itu dulu…

Kalau soal lagunya ini bukan karena mengalaminya loh, kan ada yang bilang kalau lagu itu bisa membawa kita mengenang kejadian dimasa lalu, bukan karena suka lagu itu tapi teringat susana atau keadaan saat lagu itu diputar.

Misalnya, dulu ketika jaman kuliah lagu ini sering diputar oleh tetangga kos atau teman kuliah sangat suka lagu ini, otomatis jadi sering mendengarkannya. Setelah beberapa tahun berlalu, ketika kita tanpa sengaja mendengar lagu tersebut, otomatis juga entah kenapa kalau aku ingat masa masa saat lagu ini hits dan sering diputar orang.

Pentingnya Ingatan, Mendengar Lagu Salah Satu Cara Agar tidak Pikun di Hari Tua

Pernah baca katanya ingatan kita sewaktu bayi antara umur 0-3 tahun itu akan hilang secara otomatis, atau semacam terformat kalau harddisk komputer. Jadi kalo ada orang bilang dia dulu sering momog kamu, sering gendong saat bayi,  ya kita tidak ingat lagi, bukankah itu hal yang tidak mengenakaan.

Katanya, ketika berbicara lebih dari satu bahasa itu juga membuat otak terbiasa mengingat, itu juga salah satu menghindarkan dari pikun. Maka mulai sekarang yang tidak suka lagu barat, belajarlah menyukainya, tidak pinter banget juga menurutku tidak apa-apa yang penting dong isi lagu nya.

Kalau untuk menghargai pentingnya ingatan kita, mungkin tontonlah film bergenre romance berikut, kalau hollywod judulnya “The Vow” , ceritanya tentang cewek yang hilang ingatan setelah kecelakaan dan dia memiliki ingatan atau perasaan cinta pada orang yang ditaksirnya dulu bukan pasangannya yang sekarang, dan pasangannya yang sekarang tahu kalau yang dicintainya bukan di sekarang tapi orang yang ada ingatannya dulu “ I see the way you look at him. I know, because you used to look me at way”.

Kalau film asia yang mirip seperti itu, film korea berjudul “A Moment to Remember”, drama serial jepang yang ceritanya sama seperti itu judulnya “Pure Soul (Even if You Forget Me)”.

Pokoknya jaga baik-baik lah ingatan anda, hargai setiap moment yang ada, kalau aku memang sedikit pelupa dan takut menjadi lupa.

Kembali ke Lyrics lagu di iPhones yang tidak sengaja keluar tadi, seperti ini tampilannya.

Cara Menampilkan Lyric Lagu di iPhones

Karena ketidaksengajaan itu jadi berpikikir “berarti iso iki dengar lagu barat pake lyrics gak harus online”. Biasanya kalo dengar lagu di smartphones baca lyrics-nya online, pake aplikasi Musixmatch. Karena online, kadang pada saat putar lagu favorite malah gak keluar lyric-nya, atau baterai cepet habis dan gampang panas.

Karena ketidaksengajaan itulah, akhirnya rasa penasaran muncul.

Hidupkan Laptop, buka player music iTunes, klik kanan file musiknya, dan ternyata ada menu buat tambah lyrics juga seperti di jetaudio dulu. Beberapa lagu dicoba ditambahkan lyrics, dan di pindah ke smartphone lagi, ternyata yang keluar lyrics nya ketika di-tap adalah yang ada album artwork-nya.

Sejak saat itu hampir semua lagu barat ku tambah album art dan lyrics, untuk detail teknisnya dibawah nanti, tak cerita dulu kalau sudah malas baca langsung cari caranya dibawah.

Cara Menambahkan Album Artwork Secara Manual pada iTunes

Album Artwork bisa di dapatkan atau ditambahkan dengan 2 cara, itu sejauh ini yang pernah kucoba.

Cara pertama:

Mendapatkan album artwork di iTunes secara online. Carannya, klik kanan pada lagu yang belum ada album artwork-nya => Get Album Artwork

Sudah kucoba itu pada beberapa lagu, dan hasilnya ada yang keluar dan ada yang tidak.

Ternyata, lagu yang keluar album artwork itu lagu yang penamaan di album artist dan album-nya benar, atau sesuai dengan yang tertulis di iTunes Store. Jadi ketika salah menuliskan nama penyanyi atau albumnya, tidak akan keluar album artworknya, bahkan ketika googling dan benar nama albumnya tetapi di iTunes Store tidak tersedia tetap gak akan keluar.

Menambahkan album artwork secara online lewat iTunes memang butuh ketelitian, case sensitivity ya kalau bahasa pemrogramannya, penggunaan huruf kecil dan huruf besar berpengaruh, sejauh yang saya coba loh. Kalu benar pemberian nama artist maka di iPhones akan keluar foto artist tersebut, tidak sekedar album artwork saja. Contohnya dibawah ini bang The Script itu benar pemberian nama artist dan album artistnya, dan Michael Learns To Rock-nya yang salah (Michael Learns to Rock), tapi ada beberapa  nama artist yang gak sesuai di iTunes Store tapi keluar juga, jadi mungkin perkiraanku salah juga tetapi dari hasil coba-cobaku seperti itu.

Cara Menampilkan Album Artwork Lagu di iPhones

Cara Kedua:

Cara mendapatkan album artwork sebuah lagu, dengan cara manual googling kemudian ditambahkan secara manual.  Kalau malas googing atau pengen alay, ganti saja dengan foto pribadi anda sperti yang kulakukan dulu, tapi saya saran kan jangan karena ketika Anda sadar, itu bukan hal yang membanggakan tetapi malah sedikit memalukan.

Sering kita jumpai ada lagu yang album art worknya tidak sesuaikan, kalo lagu Indonesia biasanya gambr hitam misshacker, kalau lagu barat ada gambar album artworknya benar tetap ada link di gambar itu, biasanya songlover.cc atau gambar foto-foto gak jelas lainnya. Kalau aku sendiri paling tidak nyaman melihat gambar seperti itu atau melihat link gak jelas itu.

Cara mengatasinya, yang kulakukan biar benar benar bersih dari proteksi, gambar atau link gak jelas pada file lagu, biasanya ketika tidak bisa diedit metadata nya, ya di conver pakai conterter musik.

Oh iya detail cara menambahkan album artwork nanti saja sekalian dibawah bareng sama lyric lagu, karena satu proses.

Album Artwork harus diisi supaya tampilan di iPhone tidak hanya sebedar balok nada saja . Kalaupun sudah diisi lyrics tetapi album artwork kosong yang tetap gak keluar lyricnya ketika ditap gambar balok nadanya tadi.

Cerita Kenapa Harus Menambahkan Lyrics pada Lagu

Kalo cuma dengar lagu barat gak baca lyrics, dengar 10 kalipun mungkin tetap salah lirik dan gak ngerti ngerti, salah dengar lyrics atau gak dong tepatnya.

Lagu barat yang beat-nya cepat dan musiknya dengan bass yang kenceng biasanya lyrics-nya gak terdengar jelas, kemampuan listening  English ku memang kurang mumpuni saat test TOEFL.

Musik genre seperti ini paling dengar 10 lagu sudah capek dengarnya dan tidak bisa ikut nyanyi. Biasanya lagu barat yang beatnya cepet dan lyrics gak jelas (jedag jedug) tetapi terdengar pas beberapa bagian lyric bagus, langsung cari lyrics nya, kalo lyric-nya bagus kemudian cari lagu cover-annya yang lebih pelan. Paling cepat carinya penyany yang suka cover lagu orang di YouTube (Julia Sheer, Tiffany Alvord, Megan Nicole, Madilyn Bailey, Alex Goot, Corey Gray,  Boyce Avenue), kemudian didownload, di potong – convert jadi mp3, kalo yang tidak perlu edit lagi, penyanyi yang sering cover lagu barat hits, Sabrina (Filipino singer) sudah banyak album dibuatnya.

Lagu-lagu cover inilah yang di Musixmatch terkadang gak keluar lyrics-nya, maka caranya ya tambah lyrics-nya manual satu-satu setiap lagu.

Perbedaan 2 Jenis Lyrics Lagu, Mengerti Makna Lyric Sebuah Lagu

Ini menurutku sendiri, lyrics lagu itu ada 2 jenis yang pertama lyrics lagu yang langsung dong ketika kita mendengarkan atau membacanya, yang kedua lyrics lagu yang yang butuh pemahaman lagi, ya makna lagu itu tersimpan di lyricnya, kalau bahasa asing yang tidak sekedar terjemahannya saja. Lyrics jenis kedua ini butuh mikir untuk mengerti maknanya.

Kalau di Indonesia lagu-lagu karangan Ahmad Dhani butuh mikir, sejenis syair mungkin atau apapun lah itu namanya,

Kalau jenis lyrics yang masuk jenis pertama, kalau menurutku yang bagus dan tidak perlu mikir berat dengar lagunya ya lagu lagu karangan Eross Candra, lagu-lagu Sheila On 7.

Ini ceritaku tentang menterjemahkan lyrics lagu barat, sampai harus buka kamus.

Seingatku ada beberapa lagu yang samapi harus buka kamus dan menterjemahkannya pada bagian lyrics tertentu, contoh lagunya “Miley Cyrus – The Cilmb”, “Bruno Mars – It Will Rain”.

Mengartikan lagu “Bruno Mars – It Will Rain” itu pada bagian lyrics

“There’s no religion that could save me

No matter how long my knees are on the floor

Kalau terjemahannya mungkin gampang dan bisa pakai google translate, kalau saya mengartikannya berarti itu seperti perbuatan yang sangat mustahil, atau putus asa tingkat akut sehingga tidak peduli seberapa lama kamu berdoa tetap saja tidak akan merubah hasil.

“Your daddy can’t even look me in the eye

Ooh, if I was in their shoes, I’d be doing the same thing

Pikirku dulu kok ada kata “shoes” segala di lagu bergenre romance, kalo tidak salah mengartikannya, seperti membayangkan jika berdiri dipihak Bapak cewek itu, akan melakukan hal yang sama dilakukannya Bapak tadi. dst..

Seperti itulah alasanya kenapa aku harus repot repot memberi lyrics pada lagu-lagu baratku, karena biar dong maksud dari algu tersebut salah satu. Sekarang karena sudah capek bercerita dan menulis akan ku share cara menambahkan lyric lagu manual di iTunes.

 

Cara Menambahkan Lyrics Lagu dan Album Artwork pada File .mp3, Secara Manual tanpa Koneksi Internet (offline) dengan iTunes

Hal pertama yang perlu disiapkankan adalah gambar album artwork dan lyrics lagu yang akan ditambahkan. Album Artwork yang sesui lagu bisa dicari di google, kalau lyrics biasanya saya cari di website Musicmatch, karena tidak ada kata “reff” alias full lyric sesuai ucapan penyanyinya, kalau tidak tersedia baru cari di website lain. Saya anggap itu sudah siap dan file mp3 bersih dari gambar album artwork dan link gak jelas..

Langkah- langkahnya Menambah Artwork dan Lyrics di iTunes

Langkah- langkahnya Menambah Artwork dan Lyrics di iTunes
1.    Cari lagu yang ingin anda tambah lyrics dan album artwork di iTunes
2.    Setelah  ditentukan, klik kanan pada lagu – Get info
Muncul kolom isian seperti Details, Artwork, Lyrics dan lainnya
3.    Aku rasa yang perlu di isi pada tab Details, adalah song name, artist, album dan album artist
4.    Kemudaian beralih di tab Artwork – Add Artwork – pilih file gambar yang Anda siapkan tadi

Menambahkan album artwork bisa satu persatu lagu dan semua lagu yang satu album, bahkan satu artist itu bisa satu gambar album artwork walaupun albumnya musiknya beda.

Cara Menambah Album Artwork Lagu di iPhones

 

5.    Kemudian beralih ke tab Lyrics – copy lyrics hasil pencarian di Musixmatch tadi – paste – OK

Capture Menambahkan Lyric di iTunes

6.    Cara manual seperti itu yang ku lakukan agar bisa baca lyrics lagu sambil dengar lagu, dan sejauh ini berhasil saja. Dari 1600an lagu     mungkin sudah separuh kutambah lyric manualnya, kalo sekarang sih pas nambah lagu baru sekalian lyrics. Setelah itu selesai tinggal sync ke iPhone anda
7.    Berikut tampilannya di iPhones dengan iOS 8.4.1

Tampilan Album Artwork dan Lyrics Lagu di iPhones

 


0 Comments

Pendengar Cerita Surga dan Neraka yang Baik

08.08.15 Posted in My Favorite Story by

 

Sudah bisa dipastikan ketika temanku yang satu ini telpon pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendengarkan cerita dan kemudian bertanya tentang pendapatku. Basa basinya cuma bertanya kabar keluarga paling, yah setidaknya ‘memaksa’ kami berdua untuk saling mendokan secara tertulis bahwa “Bapak/Ibu sehat aja kok di rumah”.
Agama kami di KTP berbeda, sudah kami ceritakan semua pengetahuan tentang agama di KTP walo mungkin kalo aku dong-nya cuma 20% saja tentang Agama di KTP-ku.

Mungkin yang dia takutkan apakah aku akan berubah menjadi orang tidak mau berteman dengannya, atau mungkin dia akan merasa lebih baik tingkat spiritualnya dengan keberadaan orang mempunyai jalan hidup seperti aku. Ya mungkin saja suatu hari aku berubah pikiran tentang caraku menyikapi sesuatu. Itu mungkin saja, saat ini aku setuju dan lain hari aku tidak setuju, kan namanya juga proses..
Yang ditanyakannya tentang kejadian yang menjadi topik hits di masyarakat, lebih sering berpendapat tentang apa yang dipelajari di kitab sucinya, atau pelajaran yang didapatnya dari tokoh Agama. Tentu saja yang dia inginkan bukan jawaban berdasar agamaku, “Dit kalo kasih pendapat anggap aja gak ada orang yang mendengar pendapatmu ya…”

Hahaha dia cukup mengenalku dengan baik, memang jarang sekali aku mengeluarkan pendapat kalo soal keyakinan. Aku tetap saja tidak akan menjawab secara langsung, akan kuceritakan apa yang ku dengar, apa yang pernah ku baca, dan kemudian sedikit berpendapat dengan kata “mungkin”.
Aku berpikir orang akan selalu berkesan ketika dia menemukan sesuatu itu dengan usahanya sendiri, entah itu barang atau sebuah sekedar penilaian saja. Dia menanyakan pendapatku tentang teknis ajaran agamanya, aliran di agamanya, perbedaan tingkatan pengetahuan orang di agamanya. Dia cukup detail bercerita dan menjelaskan…
Dan aku menjawab cuma “oooo, gitu toh ternyata…,

Eeeee….,
Diluar sana, ada yang berpendapat tingkat spiritual orang beragama ada dua golongan, orang beragama beranggapan temannya yang satu agama ini masih butuh pengakuan dari orang lain, masih membutuhkan simbol (mementingkan kulit luar) atas kebaikannya. Tentu saja dia berpendapat seperti itu karena dia menjalankan agamanya dengan ikhlas dan tulus tanpa butuh pengakuan dari orang, dia merasa yang dibutuhkan adalah penilaaan dari Tuhan-nya. Mana yang lebih baik, aku rasa keduanya boleh boleh saja kok, kan ada kalanya sikap baik kita bisa dijadikan contoh/ menginspirasi bagi orang lain untuk berbuat baik sesuai agama, maka gak apa apa kita menunjukkan ‘simbol’ bahwa kita menjalankan agama dengan baik.
Dan Ada orang tidak mempunyai Agama apapun, dia merasa tidak membutuhkan ‘kendaraan’ apapun untuk menjalani hidupnya di dunia ini. Orang seperti ini, mungkin merasa bahwa tidak membutuhkan sebuah ilmu/kitab suci dari manusia lain untuk berkomunkasi dengan Tuhan-nya. Pernah mendengar/baca (lupa lah), bahwa dulu nenek moyang kita (orang jawa) ini, melakukan hal seperti ini, katanya cara mereka berkomunikasi dengan Tuhan tidak selalu kita (manusia ini) yang ngomong (doa) terus atau komunikasi satu arah saja, ada kalanya kita juga ‘mendengarkan’ Tuhan.

Jaman dahulu sangat tabu katanya ngomong soal spiritual itu, karena tingkat pemahaman seseorang tentu berbeda, mungkin akan terdengar gak masuk akal ya istilahnya kalo jaman sekarang. Ya misalnya dia mendengar perintah “dawuh” untuk berpuasa untuk menebus salahnya, ya orang lain tidak perlu melakukannya, itu bukan perintah untuknya, kalo misal kesalahan yang sama belum tentu juga harus berpuasa sama dengan orang yang tadi, lalu bagaimana?, Apa yang harus dilakukannya? Apakah cukup mencontoh orang lain itu?
Nah mungkin, mungkin lagi ini ya; makanya orang yang mendapat ‘petunjuk’ itu menyimpan untuk dirinya sendiri, karena mereka merasa itu hanya untuknya, dan ketika orang lain melakukan sesuatu mereka selalu berpikir itu adalah perintah dari Tuhan-nya sendiri sama dengan yang dilakukannya, jadi kita tidak perlu berpendapat atau menilainya dengan dasar petunjuk yang kita terima. Aku rasa seperti itu ya kenapa dahulu nenek moyang kita sangat terbuka pada Agama apapun yang masuk ke Nusantara ini, dan ini menurutku juga ya kenapa Agama bisa diterima dengan baik, karena yang diajarkan kurang lebih sama lah.

Ya kurang lebihnya seperti itu, jadi pada dasarnya orang seperti ini (tidak memilih salah satu agama) mungkin pandai membaca petunjuk dari Tuhan-nya. Misalnya ini cuma misalnya yang pernah kudengar loh, ada orang yang bermimpi sesuatu dan efeknya dia tidak melakukan sesuatu berdasar karena mimpinya, dia mengalami suatu musibah berarti dia harus melakuan sesuatu, ya semacam seperti itu komunikasi dengan Tuhan-nya, kalo yang lebih tinggi mungkin benar-benar ada suara jelas dari Tuhan untuk melakukan sesuatu.
Nah temanku, kamu merasa masuk golongan yang mana, kalo aku sih masuk ke dalam salah satu golongan itu baik, tidak termasuk dua golongan itu pun tidak masalah hahaha”

Kemudian temanku menanyakan tentang Surga dan Neraka.
“Kamu percaya ada Surga dan Neraka po?
hahaha Apa yang terjadi setelah mati ya aku sendiri tidak tahu. Di beberapa negara Asia ada keyakinan yang mempercayai adanya Reinkarnasi (lahir kembali), Apakah jutaan manusia itu akan terima ketika mereka di masukkan ke Surga ketika mereka dalam menjalani hidupnya tidak bertujuan untuk itu, bahkan tidak terbesit di pikirannya bahwa nanti juga akan ada Neraka. Ya kita tidak tahu pasti ya, ada tidaknya Surga dan Neraka itu, misal kowe mempercayai nya, eeee kok malah lahir kembali toh iki… Terus piye?
Ya kalo aku sih manut aja mau ditempatkan dimana, yang penting sekarang menjalani hidup dengan baik, ya apapun hasilnya nanti, ya pada akhirnya cukup bilang ‘Oooo, jadi begini toh…”
Mungkin seperti, kita pergi menuju pantai pertama kali, apa yang perlu kita lakukan?! Kalo menurutku ya nikmati perjalanannya itu sendiri, sudah menjadi keharusan bahagia di perjalanan itu, entah mampir atau istirahat dulu yang penting tujuannya ada, sebuah pantai yang di bayangan kita suatu tempat/kondisi yang lebih menyenangkan daripada perjalanan kita itu sendiri.
Ya itu kalo menurutku, manut saja dimana kita nanti Tuhan menempatkan kita, yang perlu kita lakukan adalah mengambil jatah apa yang menjadi domain kita (batas kekuasaan kita) yaitu, menjalani hidup dengan baik karena berharap akan ada sesuatu yang lebih baik jika kita melakukan hal-hal baik.”

Bagaimana ketika orang berpindah Agama?!
(Lukman Sardi pas jadi berita) “Eeee, emang ngopo?! Maksudnya berdosa apa gak gitu toh? Hahahaha ya gak ngerti juga aku
Ada yang mengibaratkan kalo pindah agama itu level penghianatannya lebih tinggi dari penghianatan seseorang terhadap suami atau istrinya. Kalo aku mah yang jelas-jelas aja, ketika kamu menghianati pasanganmu jelas itu menyakiti orang lain, dan itu tidak boleh. Terus apakah pindah Agama berarti menghianati Tuhan-nya?! Kok iso?! Emang Tuhan itu ada berapa, bukankah semua keyakinan mengajarkan Satu Tuhan atau setidaknya ada SESUATU yang paling dan harus disembah lah.

Ada cerita ini, ada anak kecil belum dong lah Dia meminta Ayahnya untuk menggendongnya ” Om.. Om.., minta gendong Om…” Sudah jelaskan kui salah sebut, lalu apakah Ayah tadi tidak mau menggendong anaknya kui?!… Dan kemudian Anak itu sudah dewasa, sudah tahu bahwa untuk memanggil orang itu dengan kata “Ayah”. Karena terbiasa, guyon, atau bahkan serius lah anak tadi tetap memanggilnya dengan kata “Om”. Apakah sang Ayah tadi akan tidak tahu bahwa yang dimaksud adalah dirinya.
Aku rasa akan seperti itu, bahkan ketika ajaran Agama mu SALAH, ketika apa yang kamu lakukan hanya bermaksud dan bertujuan untuk menyembah Tuhan, aku rasa Tuhan lebih DONG-an daripada seorang Ayah tadi. Jadi kalo aku sih monggo-monggo saja mau memilih cara apa, dan nama seperti apa untuk menyembah Tuhan. Jadi ketika aku melihatmu secara kasat mata sepertinya saat itu sedang berdoa di bawah pohon, menyembah batu, bakar kemenyan, menghadap timur menyembah matahari terbit, dll; Aku sudah bisa dipastikan tidak tahu niat dan tujuan di hati mu toh, jadi terserah lakukan ae, sudah ada yang MAHA DONG-an kok..,

Berarti dengan kata lain aku ngomong gak masalah yo kui pindah Agama? hahahaha Eeee… kui aku berpikir, karena dosa apa gak-nya, yo nanti penilaiannya, kalo saiki mah orang lain belom tentu benar penghakimannya.. Kalo efek ke-aku sih gak ada, aku tidak berpikir hanya karena orang pindah Agama itu berarti Agama yang baru dianutnya lebih baik. Misalnya, semua orang berbondong-bondong pindah Agama, apakah tidak timbul pertanyaan sebenarnya tujuan beragama ki opo toh?!
Karena pengen masuk surga, pengen banyak temannya, karena ingin menyesuaikan agama pasangan, karena cewek yang beragama ini cantik-cantik, karena agama ini boleh makan ini, karena di agama ini tidak dosa kok di agama sebelumnya dosa , dll

Mungkin Tuhan seng bingung dewe malahan “jigur ki bocah, manggil aku sak enak udele dewe, wingi manggil aku ngono saiki dadi ngene, tak lebok ke neroko ae po yo?!..,” hahahaha… ”
Sek Ri, aku wes kesel tulis pendapatku tentang hal-hal seng kowe takokke.. Yo kui jawabanku saiki ngono ra ngerti sopo ngerti sok berubah, sopo ngerti jawaban saiki tak roso gak sreg opo gak sesuai meneh dimasa datang tak nelpon gantian hehehe.. Ndelalah, bojomu galak toh, kowe ra wani takon meneh ro aku to sok, opo galak ra popo seng penting manut ro apik’an hahaha…


0 Comments

Pulang Mudik, Pergi Dari Kampung Halaman Bukan Berarti Meninggalkan Untuk Selamanya

07.16.15 Posted in My Favorite Story by

Ketika aku pulang ke rumah di desa, itu berarti kembali ke masa kecilku, bertemu atau hanya mendengar kabar teman bermain dulu, juga tempat awal dimana belajar tentang hidup.
Aku cukup beruntung karena bisa bekerja dibidang yang ku sukai. Bisa dikatakan dekat tetapi lumayan jauh ketika harus ditempuh setiap hari, karena memang belum memungkinkan kulakukan di rumahku, berada di tempat tidurku sendiri setelah selesai bekerja, melihat saudara ku, bapak, ibu yang sedang memasak dan binatang peliharaan. Di rumah punya beberapa kucing. Aku punya anak kucing lagi, sekitar setahun yang lalu dan sekarang aku akan mengunjunginya untuk sementara waktu.

Miyauchi Renge – We’re Going To Okinawa [Non Non Biyori]
Renge ketika berpamitan dengan tempat-tempat biasa dia bermain (di kampung) sebelum pergi meninggalkannya untuk sementara waktu.
Hanya karena masih anak kecil mungkin “Renge” masih tidak berpikiran untuk meninggalkan kampung halamannya, banyak orang dewasa meninggalkan kampungnya dengan berbagai alasan dan tidak pernah pulang lagi. Banyak dari mereka juga sampai putus hubungan dengan keluarga, saudara, teman dan tempat dia lahir dulu. Jadi aku rasa masih cukup beruntung ketika sekarang ada tempat untuk pulang, ada keluarga di rumah yang menunggu dan waktu untuk bersama mereka. Aku pikir juga orang tua, para leluhur, dan kampung halaman kita akan bahagia bila kita ingat dan mau mengunjunginya. Aku juga tidak tahu pasti seperti apa perasaan mereka, mungkin bisa ditanyakan pada Indonesia.

Miyauchi Renge – We’re Going To Okinawa [Non Non Biyori]Miyauchi Renge (Non Non Biyori)Renge ketika berpamitan dengan tempat-tempat biasa dia bermain (di kampung) sebelum pergi meninggalkannya untuk sementara waktu.Hanya karena masih anak kecil mungkin “Renge” masih tidak berpikiran untuk meninggalkan kampung halamannya, banyak orang dewasa meninggalkan kampungnya dengan berbagai alasan dan tidak pernah pulang lagi. Banyak dari mereka juga sampai putus hubungan dengan keluarga, saudara, teman dan tempat dia lahir dulu. Jadi aku rasa masih cukup beruntung ketika sekarang ada tempat untuk pulang, ada keluarga di rumah yang menunggu dan waktu untuk bersama mereka. Aku pikir juga orang tua, para leluhur, dan kampung halaman kita akan bahagia bila kita ingat dan mau mengunjunginya. Aku juga tidak tahu pasti seperti apa perasaan mereka, mungkin bisa ditanyakan pada Indonesia.

Posted by Dita Setiawan on Wednesday, 15 July 2015


0 Comments

Toleransi Semu, Benteng Berpintu Gerbang

04.02.15 Posted in My Favorite Story by

Dulu ada teman temanku ngobrol (bukan dengan ku aku hanya mendengarkan saja), mereka ngobrol/diskusi soal keyakinan atau agama. Dan yang paling ku ingat adalah ketika salah seorang temanku berkata bahwa memang semua agama itu benar, tapi mari kita buktikan saja nanti “disana”.
Pas pulang bukan saat diskusi itu (tidak mungkin aku berdiskusi soal agama dengan mereka, mereka mengenalku sebagai orang yang spiritualnya busuk, tidak layaklah bukan level mereka), aku memikirkan kata-katanya kok kurang enak di perasaan ku.
Menurutku sendiri ini loh,
Akan menjadi semu dalam bertoleransi jika setiap penganut agama di dalam batinnya selalu mengklaim, bahwa hanya  agamanya yang mempunyai kebenaran mutlak, hanya agamanya saja sebuah jalan yang lurus.
Aku berkeyakinan ketika didalam batin seseorang ada rasa dirinya yang paling benar, walo tidak berbuat atau berkata yang menyakiti perasaan orang lain, tetap saja hal itu terpancar dari sorot matanya dan hal semacam ini yang paling tidak ku suka.
Mungkin atau entah kenapa ya, seperti bisa membedakan orang yang hati sama ucapannya itu jujur dengan orang yang tidak tulus. Ya itu salah, harusnya aku juga menyikapi apa yang terjadi didepan mataku saja tanpa perlu berkhayal hal yang kita tidak tahu pasti isi hati mereka.
Ini mungkin tentang benteng atau sesuatu yang melindungi diri kita dari pihak luar ya.

Membangun benteng yang kuat dan yakin benteng kita memang sangat kuat itu benar, tapi hanya karena keyakinan itu bukan berarti kita berhak meremehkan benteng orang lain, apalagi memikirkan benteng orang lain dari sudut pandang kita sendiri, kita tidak tahu pasti bagaimana mereka membangunnya, yang kita tahu cuma wujud luarnya saja, bahkan ketika kita pernah berkunjung ke benteng orang lain itu, sama sekali kita tidak punya hak menilai batas kekuatannya.

Dan menurutku sangat tidak perlu untuk membuktikan benteng siapa yang paling kuat. Karena menurut ku membangun benteng itu tujuannya hanya untuk agar kita memiliki ketenangan saja dan jelas batasan kita, oleh karena itu tabu ketika kita berpikir tentang benteng orang lain apalagi sampai  terbesit pikiran tentang membuktikan mana yang lebih kuat, yakin dengan bentengmu sendiri itu saja sudah cukup.
Kalo sesatku yo, tidak ada benteng tanpa pintu gerbang, jadi semua boleh ku masuk kedalam benteng ku setelah nanti ku rasa tidak layak baru akan ku taruh di luar benteng. Wah bagaimana jika yang masuk benteng itu menghancurkanmu dan bentengmu malah dari dalam?!,
Hahaha.., karena aku sendiri yakin dengan kekuatanku sendiri, aku bisa menghancurkan apasaja yang masuk ke dalam wilayah bentengku tanpa di ketahui orang lain diluar sana, dan sebenarnya bukan menghancurkan tapi cukup menaruhnya di luar benteng itu tadi.
Dengan kata lain sebenarnya aku mungkin tidak perlu benteng, benteng perlu hanya untuk mengukur cakupan kemampuan kita, hanya batasan supaya tidak kembali mundur tetapi ada kemajuan dan sampai akhirnya tidak ada benteng itu karena tidak dapat membatasi kemampuan kita, hahaha… Bukan tidak terbatas tapi tidak tahu batasannya sampai mana bahkan membayangkan nya pun tidak bisa, seperti kita tidak bisa membayangkan seperti apa batasan alam semesta ini hahaha…

0 Comments

Jiraiya Sannin Legendaris Bergolongan Darah B

02.03.15 Posted in My Favorite Story by

Jiraiya “Legendary Sannin

Jiraiya berarti “semangat muda” atau young thunder, salah satu tokoh di anime Naruto yang sifat dan karakternya sangat ku suka. Mungkin karena sifatnya mirip kemudian aku baca data biography nya, dan ternyata Jiraiya bergolongan darah B juga.

Hal yang membuatku tertarik;

  1. Dia bukan seorang ninja lahir dengan kelebihan/bakat, bahkan diantara ketiga murid gurunya Sarutobi dia adalah paling bodoh dibandingkan dengan Tsunade dan Orochimaru. Kelebihannya dia seorang yang pantang menyerah dan selalu berusaha.
  2. Dia seorang legenda Sannin dan ninja terkuat di Konoha setelah Sarutobi meninggal dunia, dan sangat pantas menjadi Hokage ke 5 tetapi dia menolaknya dan menyarankan agar memilih Tsunade menjadi Hokage. Dia berjanji akan selalu mendukung temannya itu dengan segala kemampuannya ketika Tsunade mau menjadi Hokage. Aku pun juga akan melakuan hal yang sama.
  3. Sebagai seorang tokoh kuat di Konoha, dia sangat di hormati oleh ninja ninja lain bahkan di negeri lain diluar Konoha. Tetapi bahkan anak kecil pun(Naruto) bisa memanggilnya sembarangan (Petapa Genit, Ero-sennin, Pervy Sage), bahkan kemesumannya pun tidak disembunyikan/tidak jaim. Itu pun sangat tidak masalah buatku.. hahaha
  4. Suka menulis buku genre romance tetapi dia sendiri setahuku kehidupan percintaan nya tidak dibahas. Kalo mythology kuno Jepang lain, Jiraiya menyukai Tsunade.
  5. Melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain dan masyarakat tidak perlu di ketahui, cukup melakukan apa yang kita mampu semaksimal mungkin. Dia menjadi guru Hokage ke Empat dan Naruto, mengumpulkan informasi ketika berkeling mencari inspirasi menulis buku. Itu yang bisa dilakukan nya dan ketika Minato menjadi Hokage, Naruto menjadi ninja pahlawan atau buku nya sangat disukai Kakashi, itu bukan hal yang perlu disombongkan.

Jiraiya tokoh yang dikenal agak mesum (youtube “tsunade 106“), suka main perempuan (katanya buat inspirasi menulis novelnya), banyak uang (dari royalty penjualan novelnya mungkin), suka berkelana di negeri orang, banyak informasi, selalu hidup sendiri, mengklaim dirinya ganteng.

Scene yang paling ku ingat adalah

Ketika Jiraiya berpamitan terakhir kali nya kepada temannya Tsunade, dengan seperti bercanda tetapi itu sangat serius, seperti pertanyaan tapi itu sebuah pernyataan.

Tsunade sebelumnya dikenal sebagai penjudi yang selalu kalah dalam hal taruhan. Ketika itu Jiraiya pergi untuk menyelidiki muridnya sendiri yang sangat kuat yaitu ketua Akatsuki, Pain.

Tsunade : “kembalilah hidup hidup..”

Jiraiya: ” Akan kah kamu menangis untukku?! Hahaha… Aku yakin akan banyak air mata seperti yang di dapat Dan kan…hahaha (Dan adalah kekasih Tsunade yang meninggal ketika jaman perang antar negara ninja)

Tsunade : “Sialan, ini bukan waktunya bercanda..”

Jiraiya : “Baiklah bagaimana kalau kita manfaatkan keahlian judimu? Pertaruhkan segalanya untuk kematianku, lagipula kamu selalu memilih yang salah. Sebagai gantinya aku akan kembali dengan keadaan selamat..”

Tsunade: ??? (Tidak menjawab apa apa)

Jiraiya: ” hahahaha… Aku bercanda….”

(Dalam hal ini Tsunade menurutku memang seharusnya diam dan tidak mempertaruhkan apa-apa. Walaupun tidak pernah menang masak mempertaruhkan kematian temannya, kalaupun bertaruh Jiraiya kembali dengan selamat, Jiraiya tahu bahwa Dia tak pernah menang dalam taruhan, itu sama halnya berpikir Jiraiya akan mati nantinya. Jadi diamnya Tsunade adalah jawaban terbaik.

Setelah itu mereka ngobrol layaknya temannya lama, bercerita tentang semua yang dilakukan Jiraiya. Tentang alasan mengapa seorang lelaki sendiri (novel yang ditulis Jiraiya), cerita tentang muridnya Minato yang jenius dan menjadi Hokage ke 4 diusia muda, masa depan Konoha dan pesan Jiraiya agar berhati hati dengan para petinggi desa. Sebelum pergi Tsunade pun menyuruh Jiraiya mengirim salah satu kataknya jika terdesak, dia akan segera datang membantu.  Dengan kata lain mungkin Tsunade tidak peduli dengan Konoha ketika temannya dalam bahaya, Dia berpikir toh di Konoha masih ada orang seperti Kakashi dan Naruto yang bisa menjadi masa depan Konoha. Jiraiya menolaknya, intinya Tsunade harus tetap di Konoha biar rakyat tenang. Jiraiya akan lebih memilih mati untuk Konoha seperti murid dan gurunya.

Dan pada akhirnya Jiraiya mati dalam perang melawan muridnya dulu, Pain. Mungkin itu akan menjadi kesedihan dan penyesalan Tsunade yang dalam ketika membiarkan temannya melakukan sesuatu hal yang berbahaya sendirian.

Ouwh cerita romance aneh lah kalo antara Tsunade dan Jiraiya, kalo aku penulisnya ku buat mereka menikah dan happy ending lah hahahaha…

-CMIIW

————————–

Sepertinya sang takdir sudah ditugaskan untukku agar perkataan dan perbuatanku selalu lurus dan memang semestinya harus diungkap kan. Bahkan ketika aku berkata sembarangan dan buatku tidak ada makna, sang takdirpun merekayasa sehingga orang-orang menjadi merasa aku menyinggung mereka akan kenyataan sesungguhnya yang mereka alami, bahkan ketika aku tidak tahu masalahnya. Sang takdir membuat orang-orang merasa aku menyindir mereka, aku marah pada mereka, aku melarang mereka, aku mengguru’i mereka.

Kata teman sesatku, “kan sudah diajarkan kalo melempar batu harus sembunyikan tangan, lah kowe sudah melempar ‘bom waktu’ yang disimpan rapat malah cengengesan”.

Lah kalo aku mah ya gak tahu apa-apa, hidupku begini-begini aja. Seingatku aku dalam bertindak atau berkata tidak menginginkan suatu pujian, tidak untuk terlihat keren atau apapun sehingga aku terlihat seperti orang yang berguna dan perlu diperhatikan keberadaannya. Aku paling tidak suka kebahagiaanku diganggu orang lain maka sudah ku wajibkan diriku untuk tidah mencampuri urusan orang lain, bahkan aku hanya akan diam-diam meninggalkan kalian kalo sekiranya apa yang kulakukan akan merusak kebahagiaan kalian/Unfriend. Jadi kalo ada perkataan atau perbuatanku yang menginspirasi Anda, ya syukuri aja, anggap saja hukum karma sedang bekerja untuk Anda..